Ingin Tahu CCTV Headline Animator

Sunday, January 2, 2011

5 Tip Dasar Menjaga Performa Windows

Tanpa disadari ternyata seringkali performa Windows akan menurun/melambat secara perlahan seiring penggunaannya dari waktu ke waktu hingga akhirnya sering muncul masalah. Sebelum itu terjadi simak tip dasar yang dapat diterapkan untuk komputer/laptop anda.


Selalu update secara berkala!!!
Ini berarti melakukan update terhadap file sistem Windows dan program aplikasi yang berkaitan seperti antivirus dan sebagainya. Proses ini bisa dilakukan dengan masuk ke situs Windows Updates atau klik shortcut 'Windows Update'. Bukan Windows asli??? Pakai aplikasi Autopatcher.



Hilangkan aplikasi yang jarang digunakan
Berapa banyak aplikasi program yang sudah terinstall di Windows? Berapa sering aplikasi itu digunakan? Berapa penting aplikasi itu untuk Windows? Program-program Windows yang jarang digunakan tersebut akan membebani alokasi registry Windows yang justru memperlambat kinerja Window sendiri, memakan kapasitas harddisk dan sebagainya. Segera un-install aplikasi program-program tersebut.

Hapus file sampah (temporary)
Bila komputer lebih sering digunakan untuk kegiatan internet maka tidaklah heran akan banyak sekali file-file baru yang akan 'menghuni' di harddisk seperti gambar, cookies, dan sebagainya. Gunakan aplikasi Disk Cleanup dari Windows untuk melakukannya. Bisa juga menggunakan CCleaner + plugin CCEnhancer atau System Ninja.

Perhatikan Startup Windows
Beberapa aplikasi Windows menginginkan dirinya selalu start-up bersamaan saat Windows pertama kali aktif. Hapus beberapa diantaranya yang tidak terlalu penting. Gunakan msconfig untuk men-disable-nya atau gunakan CCleaner untuk menghilangkan entry string pada start-up Windows. Periksa juga option pada masing-masing program agar tidak me-load kembali di start-up.

Defragmentasi 
Lakukan proses ini sebulan atau dua bulan sekali. Pastikan harddisk telah bersih dari file-file temporary untuk mempercepat kinerjanya. Gunakan Disk Defragmenter untuk melakukannya.

No comments:

Post a Comment