Ingin Tahu CCTV Headline Animator

Thursday, March 24, 2011

RTSP CCTV Menggunakan VLC

Kami mencoba menggunakan aplikasi multimedia lain yang mendukung protokol RTSP ini. Pilihan jatuh kepada aplikasi VLC. Bagi yang belum mempunyai VLC, silakan unduh terlebih dahulu. Versi VLC yang digunakan adalah versi 1.1.7.
Setelah VLC diinstall pada PC, buka aplikasi tersebut.


Pilih menu Media -- Buka Stream Jaringan


 Pilih Tabulasi Jaringan 



Pada tampilan ini, channel kamera CCTV harus dimasukkan pada URL seperti "rtsp://[ip_address_dvr]/live/mpeg4/ch3" yang berarti VLC menampilkan remote  gambar kamera channel 3.
Apabila ingin melihat kamera channel 1, maka penulisannya menjadi "rtsp://[ip_address_dvr]/live/mpeg4/ch1" demikian seterusnya. 


Bila alamat URL sudah benar, maka gambar kamera CCTV pun akan muncul pada layar VLC. Untuk menghentikan streaming video, cukup menekan tombol 'STOP' saja.
Cara ini baru berhasil pada DVR yang menggunakan codec MPEG4. 




12 comments:

  1. Thanx sharingnya.. Saat ini saya ada sedikit problem dengan RTSP menggunakan VLC Player. masalahnya adalah, saya tidak dapat melihat CCTV saya di rumah menggunakan RTSP pada VLC (monitor melalui internet).. tapi kalau saya berada dirumah saya bisa melihat CCTV menggunakan RTSP pada VLC (monitor melalui LAN). klau saya buka CCTV dirumah menggunakan IP publik CCTV, berhasil. tapi klw saya masukkan URL RTSP IP publik CCTV pada VLC koq keluar pesan error :
    "Your input can't be opened:
    VLC is unable to open the MRL 'rtsp://xx.xx.xx.xx:xxxx/live/ch00_0'. Check the log for details." (kalau url diisi IP publik)

    ATAU

    "Connection failed:
    VLC could not connect to "cctv.namadomain.com:554".
    Your input can't be opened:
    VLC is unable to open the MRL 'rtsp://cctv.namadomain.com/live/ch00_1'. Check the log for details.

    Mohon pencerahan nya.. karena yang saya butuhkan adalah melihat CCTV Lewat koneksi internet. Than b4..

    ReplyDelete
  2. Thank's atas kunjungannya.

    Berhubung kami tidak mengetahui merk & produk CCTV yang saat ini sdr. Emil gunakan, maka kami coba jelaskan menggunakan DVR merk A****h milik kami sesuai dengan yang sudah kami ujicoba dan posting di blog ini.

    1. Buka VLC, masuk ke menu Tools dan pilih Preference.
    2. Pilih submenu Input&Codecs
    3. Pada bagian Network, pilih RTP over RTSP(TCP)
    4. Simpan

    5. Buka menu Media - Open Network Stream
    6. Isi URL dengan format berikut : rtsp://ip_address:port_address/live/h264/ch01
    7. Tekan Play
    8. Muncul pop-up windows, isi dengan username dan password
    9. Streaming video dimulai

    VLC yang digunakan versi 2.0.4

    Silakan dicoba kembali.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terimakasih sudah respon pertanyaan saya.. :)

      Untuk langkah2 yang diatas sudah saya ikuti dan hasilnya masih sama. disini cctv yang saya gunakan adalah aircam dari ubiquiti dome dan outdor.

      sedangkan VLC yang digunakan versi 2.0.5

      Delete
    2. Mungkin saja konfigurasinya atau port akses ada yang terlupa belum didefinisikan. Berikut referensi yang dapat membantu :
      1. http://portforward.com/english/routers/port_forwarding/Ubiquiti/AirOS_AirGrid_M5HP/RTSP.htm

      2. http://wiki.ubnt.com/AirVision_and_AirCam_FAQ

      Berikut contoh yg berhasil :

      1. rtsp://83.228.103.3:554/live/ch00_0
      2. rtsp://windjammer.isa-geek.net:554/live/ch00_0

      Delete
  3. sya pake dvr avtech 264,konek dengan web (no-ip).tapi gambarnya gk mau muncul,baik dengan quicktime maupun vlc.cara membuka nya/setingan nya gmn ya...

    ReplyDelete
    Replies
    1. 1. Akun di no-ip apakah sudah aktif dan domainnya sudah didaftarkan pada router?

      2. Aplikasi QuickTime/VLC sudah terinstall di komputer?

      3. Apakah Rule Virtual port sudah benar?

      Delete
  4. Mas, saya sudah pake VLC , video sudah bisa, kamera saya menggunakan sound monitoring, tp kok suaranya gk muncul ya di VLC , mohon pencerahannya mas :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Boleh tahu merk dan tipenya? coba cek di websitenya apa support perintah rtsp dengan audio. Bisa juga codec audio yang disupport oleh kamera ip belum terinstal.

      Thanks.

      Delete
  5. Mas Respon pertanyaan saya dong mas.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Saya telah reply pertanyaan anda sebelumnya. Terima kasih.

      Delete
  6. saya memiliki IP camera merk dgieye, cuma saya tidak mengetahui stream url http:// nya, jika admin tau mohon bantuan nya min

    ReplyDelete
    Replies
    1. IPCAM nya memang support streaming melalui RTSP?

      Delete