Ingin Tahu CCTV Headline Animator

Thursday, June 10, 2010

Widescreen LCD TV atau CRT TV

Mana yang lebih baik untuk sistem CCTV? Tentu saja sebahagian pasti menjawab TV LCD layar lebar dengan berbagai macam argumentasi tapi benarkah demikian? Sekarang kita coba analisa penggunaan televisi tabung dengan televisi LCD layar lebar dalam hal menampilkan gambar dari DVR stand alone CCTV.
Televisi tabung umum digunakan pada system CCTV pada masa sebelum munculnya televisi LCD layar lebar. Umumnya aspect ratio televisi tabung adalah 4:3. Perhatikan pada ilustrasi berikut :


Pada televisi tabung, bagian terluar dari tabung agak tertutupi oleh rumah tabungnya yang ternyata menimbulkan masalah pada tampilan tulisan judul kamera yang harus 'terdorong' sedikit ke atas sehingga tampilan tulisan agak kurang jelas karena sedikit tertutup.
Televisi LCD layar lebar ternyata sedikit lebih baik menampilkan gambar dan tulisan judul kamera walaupun hal itu harus sedikit 'merusak' hasil layout gambar, dengan adanya blok hitam yang muncul untuk menutupi kekurangan hasil tampilan sistem resolusi DVR dibagian bawah atau umumnya di bagian samping kanan dan kiri.
Berikut ilustrasi perbandingan dalam pemetaan video pada layar 19 inci televisi tabung dengan layar 19 inci televisi LCD layar lebar dengan pemetaan video aspect ratio 4:3 dan 16:9 :


Jelas terlihat pada area warna merah adalah hasil peta video yang tertampil pada layar televisi tabung sedangkan pada warna biru ada ruang 'kosong' yang kemudian dimunculkan dalam bentuk blok hitam pada aspect ratio 4:3 di televisi LCD layar lebar. Berikut ini hasil perbandingan aspect ratio 4:3 dengan 16:9 dalam bentuk tabel :


Bagaimana hasil gambar aktualnya? Berikut hasil gambar yang diambil dari televisi LCD layar lebar :


Pada gambar di bagian atas, pada aspect ratio 4:3 yang umum digunakan pada layar tabung dapat ditampilkan dengan baik walaupun ada blok hitam disamping kanan dan kiri. Sedangkan pada gambar di bagian bawah, pada aspect ratio 16:9 yang digunakan maka gambar akan 'dipaksa' melebar untuk memenuhi ruang layar.
Kesimpulannya, tentu saja televisi LCD layar lebar tetap menjadi pilihan utama ketimbang televisi tabung dengan banyak hal yang mempengaruhinya yaitu dari sisi teknologi, harga yang 'hanya' sedikit mahal, penggunaan ruang tempat yang lebih efisien, nilai estetika ruang yang lebih prestisius dan sebagainya.
Bagaimana dengan televisi tabung? Tentu saja tidak bisa diabaikan begitu saja. Televisi tabung khusus CCTV telah teruji ketahanannya dan sparepart yang masih cukup banyak tersedia di pasaran tidak akan mudah disingkirkan.
Nah, televisi apa yang akan dipakai untuk sistem CCTV? Silahkan anda memilih.

No comments:

Post a Comment