Ingin Tahu CCTV Headline Animator

Thursday, August 12, 2010

Istilah FPS, IPS dan PPS dalam CCTV

Apabila anda telah memasang DVR CCTV yang berbentuk standalone ataupun PC tentu memperhatikan tulisan fps, ips, atau pps dalam sistem konfigurasi rekaman (record). Istilah ini tentu banyak variabel untuk dijelaskan karena beberapa manufaktur mungkin memiliki terminologi sendiri untuk produknya walaupun kadang-kadang ditemui menggunakan singkatan yang sama.


  • fps merupakan singkatan dari Frame per second. Lazimnya digunakan untuk kepentingan dalam penggunaan pada grafis komputer tapi istilah ini juga dipakai pada CCTV.
  • ips merupakan singkatan dari Image per second. Istilah ini jarang digunakan.
  • pps merupakan singkatan dari Picture per second.

fps dan ips biasanya digunakan pada DVR yang menggunakan teknologi Wavelet, MPEG4/H.263 atau H.264 bahkan beberapa CCTV berbasis teknologi MJPEG juga menggunakan istilah ini sedangkan pps hanya dikenal pada DVR pada vendor tertentu yang berbasis MJPEG (motion JPEG/Morgan JPEG).
Bila dihadapkan pilihan mana yang terbaik? Maka tergantung pada kebutuhan rekaman CCTV yang ingin dilakukan karena semakin besar frame yang dikonfigurasi maka berpengaruh pada kualitas rekaman dan kebutuhan penyimpanan video rekaman.

No comments:

Post a Comment